RSS

ARTI SEORANG GURU

15 Okt
PERSONIL SDN 2 KARANG BAYAN

PERSONIL SDN 2 KARANG BAYAN

Guru (dari Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Disamping itu perkataan guru adalah hasil gabungan dua suku kata yaitu `Gur’ dan `Ru’. Dalam bahasa jawa, Gu diambil daripada perkataan “gugu” yang mempunyai boleh dipercayai. Sedangkan Ru diambil dari perkataan tiru yang bermaksud boleh diteladani atau dicontohi.

Arti umum

Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.

Arti khusus

Dalam agama Hindu, guru merupakan simbol bagi suatu tempat suci yang berisi ilmu (vidya) dan juga pembagi ilmu. Seorang guru adalah pemandu spiritual/kejiwaan murid-muridnya.

Dalam agama Buddha, guru adalah orang yang memandu muridnya dalam jalan menuju kebenaran. Murid seorang guru memandang gurunya sebagai jelmaan Buddha atau Bodhisattva.

Dalam agama Sikh, guru mempunyai makna yang mirip dengan agama Hindu dan Buddha, namun posisinya lebih penting lagi karena salah satu inti ajaran agama Sikh adalah kepercayaan terhadap ajaran sepuluh guru Sikh. Hanya ada sepuluh guru dalam agama Sikh. Guru pertama, Guru Nanak Dev adalah pendiri agama ini.

Orang IndiaChinaMesir, dan Israel menerima pengajaran dari guru yang merupakan seorang imam atau nabi. Oleh sebab itu seorang guru sangat dihormati dan terkenal di masyarakat serta menganggap guru sebagai pembimbing untuk mendapat keselamatan dan dihormati bahkan lebih dari orang tua mereka.Jabatan seorang Guru adalah sebagai suatu Profesi.  Jabatan guru juga dapat dikatakan sebuah profesi karena menjadi seorang guru  harus memiliki suatu keahlian tertentu , Misalnya: mengajar, mengelola kelas, dan merancang pengajaran. dan dari pekerjaan ini seseorang dapat memiliki nafkah bagi kehidupan selanjutnya.

 Dimata sebagian orang menjadi seorang guru itu pekerjaan yang sangat mulia. Beliau mendidik manusia, dari yang tidak tahu menjadi  tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, itu salah satu pekerjaan yang sangat hebat !!!. dan setiap ilmu pengetahuan yang diajarkan guru kepada siswa didiknya merupakan investasi amal baginya yang terus mengalir sampai akhir dunia.

Di sisi lain guru merupakan profesi yang luhur. Dalam hal ini, perlu kita disadari bahwa seorang guru dalam melaksanakan profesinya beliu dapat dituntut dengan adanya budi luhur dan akhlak yang tinggi, Misalnya  dalam perkataannya, perbuatannya, tingkah lakunya, pakaiannya, amalannya dan lain sebagainya.

Guru di Indonesia

Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia. guru di Indonesia di beberapa tipe, yaitu:

1. Guru PNS Bersertifikasi.

Guru tipe ini adalah guru yang sudah mendapatkan kesejahteraan lebih, dalam arti merupakan tipe guru yang menjadi idaman para guru. kenapa tidak, selain sudah PNS dengan gaji Tetap dan umumnya di atas UMR Nasional. guru ini juga mendapatkan tunjangan tambahan profesi yang besarannya sama dengan gaji bulannya tergantung masa kerja dan prestasi kerjanya. guru tipe ini bisa dikatakan guru  Kategori Amat Sangat Sejahtera. namun dibalik itu juga terdapat tuntutan yang besar, dimana ia harus mampu meningkatkan prestasi dan kompetensinya jangan sampai menurun.

2. Guru PNS Belum Sertifikasi

tipe guru ini sudah termasuk guru yang sejahtera. karena gajinya sudah terbilang besar dan memiliki jaminan hidup dijamin pemerintah. sampai – sampai SK Mengajarnya bagaikan Surat Tanah yang bisa digadaikan ke Bank untuk mendapatkan pinjaman Uang.

3. Guru Honorer Negeri

Guru tipe ini bisa dikatakan guru tergantung. guru yang bekerja di sekolah negeri pada umumnya  adalah guru yang mengharapkan pengangkatan PNS oleh pemerintah namun ada juga yang sukarela tapi pada umumnya mengajar di daerah terpencil yang banyak kekurangan guru.. mereka pada umumnya tidak bisa sertifikasi karena bukan guru tetap di negeri. dan honornya terbilang murah dan kadang di bayar 3 bulan sekali karena menunggu pencairan dana BOS dari pemerintah.

4. Guru Tetap Yayasan Swasta

guru tipe ini ada yang sejahtera namun banyak yang tidak sejahtera. hal bergantung pada kepedulian yayasan tempat dia bernaung. namun pada umumnya yayasan sekolah yang didirikan swasta banyak yang profit bisnis, dalam arti hanya mengutamakan keuntungan yayasan. sampai – sampai dana bantuan pun jarang yang nyampe untuk pengembangan dan kemajuan sekolah. guru yang bernaung di bawah perguruan organisasi seperti Muhammadiyah, NU, Yapim, Amal Bakti, pada umumnya masih dalam kategori menuju sejahtera. guru ini pun berhak mendapat tunjangan tambahan dari sertifikasi. karena berstatus guru tetap.

5. Guru Honorer Swasta

guru tipe ini dapat di kategorikan guru terbang. karena tidak keterikatan utuh dengan yayasan tempat ia bernaung. guru tipe ini kalau tidak pande pande cari tambahan bakalan hidup susah. tapi ada beberapa guru ini yang punya kerja sampingan seperti berwirausaha dalam bidang tertentu. karena hal itu lebih baik daripada bergantung pada yang lain. lebih baik berdiri diatas kaki sendiri.

Di Indonesia, sering terjadi honorer siluman. Mereka dianggap siluman karena diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan prosedur yang menyalahi ketentuan hukum yang berlaku. Hal ini disebabkan adanya rekayasa masa kerja selaku honorer, dan bidang pekerjaan mereka selaku honorer yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang mereka miliki. Bahkan, ada yang mengandalkan surat keputusan dari orang yang tidak memiliki kewenangan yang benar dan tepat berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

 
 

BERIKAN SARAN DAN KRITIKNYA YA

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: